Who's Online

We have 58 guests and no members online

Login Form

Hyperlinkk

 

 

 

 

Pengabdian Masyarakat

 

Masalah kesehatan di Indonesia dilihat dari beberapa tolak ukur yang ada tampaknya yang cukup besar. Dimulai dari kemampuan masyarakat yang terbatas unutk menjangkau dan membiayai akses sarana dan pelayanan kesehatan yang ada di daerah, belum meratanya sarana kesehatan minimal pada beberapa daerah sampai penyebaran dan kesinambungan sumber daya manusianya, banyaknya sarana kesehatan yang rusak setelah dilanda bencana alam, belum lagi kalau kita membicarakan beberapa tolak ukur tadi.

Salah satu hambatan dalam pembangunan dibidang kesehatan di Indonesia adalah tingginya angka kemiskinan sehingga membatasi akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan.Pemerintah sudah memiliki program untuk mengatsi hal ini dalam bentuk program Jamkesmas. namun demikian cakupan program ini belum menyentuh setiap keluarga miskin dan adanya batasn dalam jenis pelayanan dan obat-obatan yang dijamin melalui program tersebut.

Rumah sakit Dr.M. Djamil padng merupakan rumah sakit terbesar di Sumatra Barat dan rumah sakit rujukan di Sumatra Barat, Riau dan Jambi.Peran penting RS Dr. M. Djamil adalah sebagai rumah sakit pendidikan bagi program-program ilmu kesehatan dan keperawatan, diantaranya adalah : pendidkan dokter spesialis, dokter umum, perawat dan bidan. Berdasarkan data RS ini diketahui bahwa alokasi tempat tidur terbesar adalah unutk pasien Jamkesmas. oleh karenanya keberhasilanya pelayanan terhadapa Rumah sakit ini tercermin dari pelayanan terhadap pelayanan terhadap masyarakat kurang mampu ini. Walaupun belum dilakukan pendataan secara pasti, dari praktik/pengalaman dalam pelayanan kesehatanm rumah sakit ini deketahui masih banyaknya hambatan dalam pelayanan terhadap pasien-pasien kurang mampu diantaranya adalah tidak ditanggungnya semua jenis pelayanan dan obat-obatan serta masih banyaknya masyarakat miskin yang dirawat namun tidak ditanggung oleh program Jamkesmas karena tidak terdata oleh pengelola program ini.

Bagian Ilmu Penyakit Dalam FK Unand merupakan bagian dari institusi pendidikan dan pelayanan dirumah sakit .Oleh karenanya merupakan suatu keniscayaan untuk ikut serta dalam pengabdian masyarakat selain dalam bidang pendidikan dan penelitian yang merupakan Tri Dharma Perguruan tinggi. Alasan lain adalah adanya potensi yang cukup memadai baik dari segi moril dan materil dari staf maupun residen Ilmu Penyakit Dalam. Oleh karena itu perlu suatu program internal di Bagian Penyakit Dalam. Oleh karena itu perlu suatu program internal di Bagian Penyakit Dalam untuk dapat menggalang potensi ini yaitu berupa pengabdian masyarakat yang terutama ditujukan pada daerah-daerah yang tidak terjangkau oleh tempat pelayanan kesehatan, dan daerah-daerah yang terkena bencana. Ikut sertanya Bagian Penyakit Dalam FK Unand/RS. M. djamil padang dalam berbagai pengapdian masyarakat baik didalam provinsi Sumatra barat atau diluar Sumatra Barat merupakan sumbangsih unutk meningkatkan kesehatan nasional.

Berbagai pengabdian masyarakat yang pernah dilakukan/diikuti oleh Bagian Ilmu Penyakit Dalam fakultas Kedokteran Universitas Andalas :

Simposium Hipertensi : tahun 1997

Merupakan simposium pertama dilakukan oleh bagian Ilmu Penyakit Dalam FK-Unand untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat tentang hipertensi.

- Pengabdian masyarakat di Talang : Tahun 1991

- Pengabdian masyarakat di Talang : Tahun 1981

- Pengabdian masyarakat untuk Lansia di Pariaman dan LubukSikaping : Tahun 1985

- Pemeriksaan Gula Darah di Padang, bukit Tinggi, dan Solok : Tahun 2005

Dalam rangka Lustrum Emas FK-Unand dilaksanakan kegiatan pemeriksaan gula darah pada 10.000 orang di 8 (delapan) kota Sumatra Barat.

- Pengabdian masyarakt di aceh : tahun 2005

ikut sertanya bagian Ilmu Penyakit Dalam Fk-Unand dalam program kesehatan nasional untuk menggalang kepedulian terhadap daerah Aceh setelah dilanda bencana alam sunami.

- Pemeriksaan HbSAg pada penduduk kota Padang : Tahun 2007

- Pengabdian Masyarakat dikoto Gadang : Tahun 2009

- Pengabdian Masyarakat di Pariaman : Tahun 2009

- Pengabdian Masyarakat di Mentawai : Tahun 2010

- Pengabdian Masyarakat di Pesisir Selatan

Disamping melakukan berbagai macam pengabdian masyarakat seperti yang dicontohkan diatas, bagian Penyakit Dalam FK Unand juga memperlihatkan eksistensis dirinya dengan ikut sebagai tuan rumah dari berbagai kongres,Simposium dan acara ilmiah yang bertaraf nasional.Acara - acara yang berskala Nasional sebagai Pelaksana (Pengadaan Event yang berskala Nasional) oleh Bagian Ilmu Penyakit Dalam FK Unand:

KONAS PAPDI     : Tahun 1996

KONAS IKKI        : Tahun 2002

KONAS PEROSI   : Tahun 2003

KONKER PAPDI   : Tahun 2008

KONAS PPHI       : Tahun 2010

Share

Submit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn

Kalender

20:50, 18th November 2017
November 2017
SMTWTFS
1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930

News

 

workshop

HUBUNGI : 082283796423

YUNDA PERMATA SAR

HyperLink