Who's Online

We have 5 guests and no members online

Login Form

Hyperlinkk

 

 

 

 

 

PROFIL SUB BAGIAN PSIKOSOMATIK

 

Nama Lengkap dr.Hj.Arina Widya Murni, SpPD-KPsi, FINASIM
Alamat Kantor Bag. Ilmu Penyakit Dalam RS Dr. M. Djamil / FK.Unand
Jl.Perintis Kemerdekaan - Padang 25127
Email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
   

 

 

 

 

SEJARAH

Sub bagian Psikosomatik Bagian Ilmu Penyakit Dalam merupakan salah satu dari beberapa sub bagian yang baru dibentuk di FK Unand/RS Dr.M Djamil Padang. Dibentuk pertama kali pada tahun 2009 dimana bentuk kegiatannya baru berupa pelayanan pasien di poliklinik khusus Psikosomatik. Terbentuknya sub bagian Psikosomatik melengkapi kebutuhan 11 sub bagian yang diakui kolegium Ilmu Penyakit Dalam dan mampu meningkatkan nilai akreditasi PPDS Ilmu Penyakit Dalam FK Unand mengingat belum semua senter pendidikan memiliki sub bagian / divisi Psikosomatik.

STRUKTUR

Saat ini sub bagian Psikosomatik baru memiliki satu orang Konsultan, dr.Hj. Arina Widya Murni, SpPD-KPsi, FINASIM, merupakan lulusan konsultan dari FK UI melalui jalur pendidikan terstruktur yang baru dimulai di FKUI pada tahun 2008 . Saat ini sub bagian psikosomatik membuka peluang bagi internis yang berminat mendalami bidang psikosomatik ini, untuk melengkapi dan menambah staf sub bagian dan melanjutkan pendidikan konsultan di FKUI. Disamping itu terbuka pula peluang bagi internis yang ingin melanjutkan pendidikan konsultan  di FKUI untuk dikembangkan di daerah masing-masing dan sub bagian Psikosomatik FK Unand  akan membantu dengan memberikan surat rekomendasi.

KEGIATAN

Sesuai dengan tridharma perguruan tinggi, kegiatan Sub bagian Psikosomatik tidak terlepas dari  aspek pendidikan, pelayanan dan pengabdian masyarakat, di tingkat pendidikan dokter umum dan spesialis penyakit dalam ( S1 / Sp1)

PENDIDIKAN/ PENELITIAN

Sub bagian Psikosomatik terlibat dalam pemberian materi kuliah mencakup aspek psikosomatik pada beberapa penyakit di bidang penyakit dalam dan beberapa penyakit fungsional, seperti dispepsia fungsional.

Untuk PPDS ilmu penyakit dalam, setiap siklus , sub bagian menerima PPDS stase sub bagian dan harus memenuhi program yang sudah ditetapkan seperti penyajian kasus, telaah jurnal, tinjauan pustaka dan penanganan penderita psikosomatis di rawat inap dan rawat jalan di RS.Dr.M Djamil Padang.

Penelitian di bidang psikosomatik dilakukan di berbagai jenjang pendidikan, mulai dari s1, sp1 dan s2 farmasi klinik, topik penelitian adalah dispepsia fungsional, aspek komorbiditi depresi pada berbagai penyakit di bidang penyakit dalam seperti diabetes, gagal ginjal, keganasan dan aspek kepatuhan penderita dalam pengobatan , kualitas hidup dan mekanisme adaptasi.

PELAYANAN

Pelayanan dilakukan di rawat inap dan rawat jalan RS Dr. M Djamil Padang. Pelayanan rawat inap meliputi penanganan kasus fungsional, depresi dan ansietas yang komorbiditas dengan penyakit lain di bidang penyakit dalam, termasuk kasus percobaan bunuh diri. Pelayanan di rawat jalan dilakukan dengan membuka poliklinik khusus Psikosomatik setiap Sabtu , pkl 09.00 – 12.00 wib.

PENGABDIAN MASYARAKAT

Kegiatan pengabdian masyarakat meliputi, pemberian informasi melalui seminar, workshop yang dilakukan untuk kalangan awam dan kedokteran.

Kegiatan yang pernah dilakukan adalah :

1. Awam, peserta :

 - Organisasi PKK provinsi dan kabupaten bekerjasama dengan Pimpinan PKK Provinsi.

 - Siswa SMP dan SMA beserta guru pamong , dalam seminar Awam

 - Kelompok darma wanita beberapa unit darma wanita di lingkungan Universitas Andalas.

2. Lingkungan Kedokteran

-  Aktif berpartisipasi sebagai pembicara di seminar lokal, regional, nasional maupun internasional.

-  Publikasi di media massa seperti Koran, TVRI Padang dan majalah atau jurnal kesehatan, seperti Ethical Digest dan Majalah kedokteran Andalas.

Share

Submit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn

Kalender

20:36, 18th November 2017
November 2017
SMTWTFS
1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930

News

 

workshop

HUBUNGI : 082283796423

YUNDA PERMATA SAR

HyperLink