Bagian Ilmu Penyakit Dalam RSUP. M. Djamil Padang

18 Oktober 2017
Berdiri pada tahun 1962, diawali dengan dipindahkannya dr. Hanif (Alm. Prof. dr. Hanif, SpPD, K-HOM) dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ke Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Menurut catatan yang ada, kuliah Ilmu Penyakit Dalam sebelumnya sudah pernah diberikan oleh dr. M. Djamil, MPH sewaktu di Bukittinggi (sebelum pindah ke Padang tahun 1960).

 

 

Tahun 1962 mulai penambahan dan pengembangan staf yang selanjutnya menjalani pendidikan keahlian di Bagian Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia di Jakarta. Pengembangan staf ini sudah terprogram untuk bagian tertentu, sehingga dalam waktu dekat diharapkan semua subbagian sudah dipunyai. Beberapa staf juga mendapat kesempatan mengikuti pendidikan di Bangkok dan Jepang.

Tahun 1982, Bagian Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Andalasmendapat pengakuan untuk mendidik dokter spesialis (Sp1) Ilmu Penyakit Dalam dengan surat Keputusan Menteri PDK No. 054/DJ/KEP/1982.

Untuk meningkatkan pengetahuan dikalangan kedokteran di Sumatera Barat dan sebagai sarana untuk pemberian informasi terkini di bidang penyakit dalam, Bagian Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Andalas telah rutin setiap tahun mengadakan Pertemuan Ilmiah Berkala (PIB) sejak tahun 2000, dengan menghadirkan pembicara berskala internasional, nasional maupun regional, dari dalam maupun diluar Fakultas Kedokteran Universitas Andalas sendiri.

Read 946 times

Berita Fakultas Kedokteran

Pengumpan tidak ditetapkan